Jangan malu kalau membuat tanda Salib

 

Jangan malu kalau membuat tanda salib

Salib bukan hanya sebuah simbol saja tetapi sebuah tanda untuk mengidentitaskan sebuah kelompok,sebuah institut, bahkan mengidentitaskan seseorang dimana pun ia berada. Sehingga dengan tanda ini kita bisa mengenal suatu kelompok atau institut atau dengan tanda ini kita bisa mengenal orang ini, orang itu, Misalnya orang itu Kristen. Banyak orang yang  merasa tanda salib ini sebagai tanda yang memiliki kekuatan, spirit. Dengan kekuatan dari tanda salib ini maka siapa pun entah dia Kristen atau dia beragama lain tentu mengunakan tanda ini.

 Sebuah pertandingan sepak bola yang berlangsung kurang lebih dua minggu di suatu wilayah yang bukan hanya di huni oleh mereka yang beragama Kristen katolik tetapi juga ada beberapa agama lain yang menghuni juga wilayah tersebut. Ketika pertandingan di mulai, tiba-tiba ada seorang peserta membuat tanda salib pada hal peserta itu dia beragama muslim dan lebih nampak lagi ketika dia mencetak gol ke gawang lawan dan tanda salib itu di lakukan berulang kali di depan mata semua penonton yang menyaksikan pertandingan tersebut.

Dalam kehidupan religius kita, atau mereka yang mengidentitaskan diri sebagai orang lebih mengenal salib; sejauh mana penghayatan diri kita akan tanda salib ini? Bila kita bandingkan dengan cerita di atas dimana seseorang yang beragama lain bisa mengghayati tanda salib di depan banyak orang dengan melakukan tanda salib. Peristiwa ini bukan mau menunjukan bahwa inilah salib yang memiliki kekuatan, tetapi suatu pemaknaan dari tanda salib itu sendiri. Kemungkinan orang itu tidak mengerti atau memahami tanda salib yang ia lakukan, ataukah dia lebih menghayati tanda salib ini lebih dari pada mereka yang merasa sungguh-sungguh mengerti apa itu tanda salib itu.

Dengan demikian bagi kita  yang lebih mengenal dan memahami salib,apakah kita berani melakukan tanda salib itu dimana saja kita berada? Jangan kita merasa malu untuk melakukan suatu tanda yang kita hayati, jangan kita merasa kalau kita melakukan tanda ini di depan orang maka kita akan ditertawakan,jangan hanya jago kandang kalau melakukan tanda salib. Mengapa orang yang  beragama lain saja bisa membuat tanda salib sedangkan kita tidak bisa; jangan malu kalau melakukan tanda salib dimana pun kita berada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: